3. Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Di masa yang serba canggih seperti saat ini, orang bisa mendapatkan uang dengan cara mudah hanya dengan mengandalkan kemampuan, skill, atau skill yang dimilikinya. Salah satunya yakni kemampuan, skill, atau skill menulis. Jika dulu menulis hanya menjadi kemampuan yang tak terasah,sekarang justru bisa menjadi ladang pendapatan.

Jika anda memiliki kemampuan keterampilan menulis dan ingin menyalurkan kemampuan atau keterampilan tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang diberikan di bawah ini. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengandalkan kemampuan dan keterampilan.

Berikut cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang bisa Anda coba:

1. Kirim Cerpen ke Majalah dan koran

Cara yang paling mudah dilakukan penulis agar tulisan cerpennya menghasilkan penghasilan adalah dengan mengirim cerpen tersebut ke majalah atau koran. Tak hanya di zaman seperti saat ini saja. Cara ini sangat diandalkan oleh penulis bahkan pelajar sejak zaman dahulu.

Zaman dahulu, banyak majalah atau koran yang memang menerima tulisan dari contributor, baik tulisan untuk esai, cerpen, puisi, dan lain sebagainya dan sebagai imbalannya, bila karya contributor atau penulis tersebut dimuat, maka akan diberikan apresiasi berupa uang. Ternyara cara ini masih terus dilakukan hingga saat ini.

 Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirim cerpen ke majalah atau koran ini masih dilakukan di beberapa majalah, koran, atau media local maupun nasional. Beberapa masajalah, koran, atau media yang bisa menerima tulisan dalam bentuk cerpen yaitu: 1 Republika, 2 Kompas, 3 Jawa Pos, 4 Media Indonesia, dan 5 Tempo.

Berikut ini adalah cara mengirim naskah cerpen ke media media diatas sehingga anda bisa mendapatkan uang dari hasil karya tulis yang sudah Anda tulis.

. Republika

Republika merupakan salah satu media di Indonesia yang bisa menerima cerpen kiriman dari pembaca dan memberikan imbalan berupa upah. Sehingga bagi Anda yang memiliki kemampuan atau keterampilan menulis cerpen, Anda bisa mengirimkan hasil tulisan cerpen yang memiliki nilai dan kualitas baik ke Koran Republika.

2. Buat Buku Kumpulan Cerpen

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang selanjutnya yakni dengan membuat buku kumpulan cerpen, maka penulis mendapatkan hak cipta yang sah dan Ketika buku kumpulan cerpen tersebut dimuat dan menggandeng penerbit, maka penulis akan mendapatkan keuntungan.

Biasanya, para penulis yang sudah mengirimkan cerpennnya ke berbagai media cetak maupun media digital bisa mengumpulkan kumpulan cerpennya dan dijadikan satu buku kemudian di cetak dan dipublikasikan secara mandiri atau self-publish. Penulios bisa juga meggandeng penerbit dan merilis buku kumpulan cerpennya tersebut.

3. Kirim Cerpen ke Situs Penulisan Artikel

Selain itu, cara ,mendapatkan uang dari menulis cerpen juga bisa dilakukan dengan mengirim hasil karya sastra berupa cerpen yang telah ditulis ke beberapa situs penulis artikel. Hal ini biasanya dilakukan penulis yang enggan menerbitkan sendiri cerpennya, sehingga memilih mengirim tulisan tersebut ke situs penulis artikel.

Beberapa situs yang bisa menerima tulisan, baik cerpen, artikel, dan lains sebagainya adalah Vebra, Plukme, Tulisanku.co.id, atau Basabasi.co Dengan mengirim tulisan ke berbagai situs tersebut , maka penulis akan mendapatkan honor sesuai dengan besaran yang mereka tentukan. Tapi tentu saja, tulisan yang dimuat adalah tulisan yang sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *